1 Full Life: MENJADI PENGIKUT KRISTUS.
Nas : 1Kor 11:1
Orang percaya, seperti Paulus, dipanggil untuk mengikut teladan
Kristus dan menjadi seorang yang seperti Kristus (bd. Rom 13:14;
Gal 3:27). Apakah artinya menjadi serupa dengan Kristus?
- 1) Serupa dengan Kristus ialah, pertama-tama dan terpenting, kasih
kepada Allah dan kasih kepada sesama (Mat 22:37-39; Luk 10:27).
Kasih orang percaya kepada Allah mendorong dan mengarahkan kasihnya
kepada orang lain (1Yoh 4:20-21), sebagaimana kasih Kristus kepada
Allah selalu menjadi yang utama sedangkan kasih-Nya kepada orang lain
didasarkan pada kasih-Nya kepada Sang Bapa (bd. Mat 22:37-39;
Yoh 17:23-24).
- 2) Kasih Kristus kepada Bapa-Nya dinyatakan dalam perhatian-Nya
terhadap kemuliaan Allah (Mat 6:9; Yoh 12:28; 17:4), terhadap
kehendak-Nya (Mat 26:42; Yoh 4:34; Ibr 10:7-12), terhadap Firman-Nya
(Mat 26:54; Yoh 8:28; Mat 17:14,17), dan terhadap dekatnya
kehadiran-Nya (Luk 5:16; Yoh 17:21). Kita melihat kasih ini dalam
kesetiaan-Nya kepada Allah (Ibr 3:2) dan kesediaan-Nya untuk
melaksanakan kehendak Allah dengan mempersembahkan diri-Nya demi
penebusan kita (Mat 26:42; Yoh 3:16-17; Ibr 10:4-9). Kasih Kristus
kepada Bapa-Nya dinyatakan lebih lanjut dalam kasih-Nya akan kebenaran
dan kebencian-Nya akan dosa
(lihat cat. --> Ibr 1:9).
[atau ref. Ibr 1:9]
- 3) Kasih Kristus kepada umat manusia dilihat dalam belas kasihan-Nya
(Mat 9:36; 14:14; 15:32; 20:34; bd. Luk 15:11-24), dalam
kebaikan hati-Nya (Mat 8:3,16-17; 9:22), air mata-Nya
(Yoh 11:35), kerendahan hati-Nya (Mat 11:29), perbuatan-Nya yang
baik (Kis 10:38), kelembutan-Nya (Mat 11:29), pengampunan-Nya
(Luk 23:34), kesabaran-Nya (Luk 13:34) dan dalam rahmat-Nya
(Mat 15:22-28; Yud 1:21). Dia juga menunjukkan kasih ketika Dia
menegor dosa (Mat 16:23; Mr 9:19; 10:13-14), mengungkapkan
kemarahan kepada orang yang kejam dan tak berperasaan atau tidak peka
terhadap penderitaan dan kebutuhan orang lain
(lihat cat. --> Mr 3:5),
[atau ref. Mr 3:5]
mengingatkan kita terhadap neraka (Mat 5:29-30; Luk 12:5) dan
mempersembahkan diri-Nya sendiri sebagai suatu korban (Mat 26:38;
Yoh 10:11,17-18; 13:1).
2 Full Life: ADAM YANG PERTAMA DIJADIKAN.
Nas : 1Tim 2:13
Argumentasi Paulus untuk tanggung jawab laki-laki sebagai pimpinan
dan pembina rohani, baik di rumah maupun di gereja
(lihat cat. --> Ef 5:23;
[atau ref. Ef 5:23]
lihat art. ORANG-TUA DAN ANAK-ANAK),
mempunyai dua landasan.
- 1) Didasarkan pada maksud Allah dalam penciptaan. Allah menciptakan
laki-laki dahulu, dan dengan demikian menyatakan maksud-Nya bahwa
laki-laki harus mengatur dan memberi pimpinan kepada wanita dan
keluarga. Wanita, yang diciptakan setelah laki-laki, direncanakan
sebagai pendamping dan penolong dalam memenuhi kehendak Allah bagi
kehidupan mereka (Kej 2:18; 1Kor 11:8-9; 14:34).
- 2) Argumentasi Paulus ini juga didasarkan pada akibat yang merusak
apabila laki-laki dan wanita mengabaikan peranan yang diberikan Allah
kepada mereka dalam Taman Eden. Hawa, yang bertindak terlepas dari Adam
sebagai kepala, memakan buah terlarang itu. Adam, dengan mengabaikan
tanggung jawabnya sebagai pemimpin di bawah Allah, menyetujui
ketidaktaatan Hawa. Sebagai akibatnya dia jatuh juga dan membawa dosa
dan kematian atas seluruh umat manusia (ayat 1Tim 2:14; Kej 3:6,12;
Rom 5:12).